Contoh RPPH PAUD Kurikulum 2013 Lengkap

AnggunPAUD.id | Contoh RPPH PAUD Kurikulum 2013
Selamat datang di anggunPAUD.id, tempat berbagi untuk para guru PAUD dan Ayah Bunda yang peduli pada pendidikan anak usia dini. Pada kesempatan kali ini akan kami berikan contoh RPPH PAUD sesuai dengan kurikulum 2013 agar bisa didownload, dipelajari, dan diedit sedemikian rupa sehingga sesuai dan tepat untuk diaplikasikan di tempat mengajar Bunda masing-masing.

Sebelum Bunda mendownload contoh RPPH PAUD (dulu disebut dengan RKH PAUD, atau Rencana Kegiatan Harian) sesuai dengan kurikulum 2013, perlu diketahui bahwa RPPH PAUD yang ada di bawah ini hanya sebagai contoh dan acuan di dalam mengembangkan RPPH PAUD sesuai dengan kebutuhan dan kondisi PAUD masing-masing. Oleh karena itu, ada baiknya Bunda memahami terlebih dulu tata cara dan teknik mengembangkan RPPH PAUD sesuai dengan yang diinginkan dalam kurikulum 2013.
contoh RPPH PAUD kurikulium 2013
contoh RPPH PAUD kurikulium 2013

Panduan Pengembangan RKH/RPPH PAUD Kurikulum 2013

“Perencanaan yang baik adalah seperti peta perjalanan, menunjukkan tujuan akhir dan bagaimana cara terbaik menuju kesana”
A good plan is like a road map, it shows the final destination and usually the best way to get there
H. Stanley Judd

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan rancangan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan bermain yang memfasilitasi anak dalam proses belajar. Di dalam pembuatan rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya, dan kebutuhan individual) anak. 

Berikut ini adalah rambu-rambu dalam menyusun RKH / RPPH PAUD:

Berdasarkan Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD, Dokumen KTSP terdiri dari :


  1. Dokumen 1 berisi sekurang-kurangnya: visi, misi, tujuan satuan pendidikan, program pengembangan dan materi pembelajaran, pengaturan beban belajar, kalender pendidikan dan program tahunan, dan SOP.
  2. Dokumen 2 berisi perencanaan program semester (Prosem), rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) yang dilengkapi dengan rencana penilaian perkembangan anak.

Berkaitan dengan tugas guru sebagai perencana, perencanaan pembelajaran wajib disusun oleh guru secara mandiri, sesuai dengan yang tertuang dalam Dokumen 2.
Terdapat tiga jenis perencanaan pembelajaran yang harus disusun dan disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran yaitu:

  1. Program Semester (Prosem)
  2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)
  3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)

Dalam menyusun ketiga jenis perencanaan di atas, harus mengacu pada muatan pembelajaran yang telah dirumuskan dalam Dokumen 1 (pemetaan materi pembelajaran berdasarkan program dan kompetensi dasar).

Format RPPH PAUD sesuai Kurikulum 2013

Format RPPH PAUD tidak harus baku, tetapi minimal memuat komponen-komponen yang ditetapkan. 
Komponen RPH/RPPH PAUD terdiri atas:
(1) identitas program
(2) materi
(3) alat dan bahan
(4) kegiatan pembukaan
(5) kegiatan inti
(6) kegiatan penutup
(7) rencana penilaian.

Berikut ini penjelasan dari tiap-tiap komponen RPPH.

1. Identitas RPPH
Identitas sebuah RPPH memuat:

  • nama Satuan PAUD adalah nama satuan PAUD yang menyusun RPPH
  • semester/bulan/minggu yang keberapa
  • hari/tanggal
  • tema/Subtema/Sub-subtema diambil dari tema/subtema/sub-subtema yang disusun di program semester.
  • kelompok usia anak diisi dengan kelompok sasaran.

2. Materi
Materi diambil dari materi yang telah dijabarkan di RPPM. Materi sejalan dengan tujuan yang telah dituliskan di atasnya. Materi dapat dibedakan menjadi:

  • Materi untuk pengembangan sikap dapat dituliskan di RPP lalu masuk ke SOP atau langsung dimasukkan menjadi kegiatan rutin dan diterapkan melalui pembiasaan serta diulang-ulang setiap hari sepanjang tahunnya (ditindaklanjuti dengan dimasukkan ke dalam SOP kegiatan).
  • Materi pengembangan pengetahuan dan keterampilan dikenalkan sesuai dengan RPPH.
Contoh Materi RPPH PAUD Tema Diri Sendiri Subtema Tubuhku
Materi dalam RPPH subtema tubuhku dalam kegiatan:
1. Doa sebelum dan sesudah belajar,
2. Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, dan cara merawatnya,
3. Mengelompokkan berdasarkan warna (merah, biru, kuning), bentuk dua dimensi (persegi, segitiga), dan jumlah bilangan (5 - 10),
4. Lagu “ Aku Ciptaan Tuhan”
Aku Ciptaan Tuhan
Penggubah: NN
1 1 4 4 4 4 4 3 4 5
Ma ta mu yang mu ngil ja ga lah
1 1 5 5 5 5 5 4 5 6
Ja ngan sam pai me li hat yang sa lah
6 6 6# 6# 6# 6 2 6# 6# 6 6 6 5 4
Ka re na Tu han yang Esa te lah men cip ta kan nya
6 6 5 5 5 4 3 2 3 4
Ma ta mu yang mu ngil ja ga lah
Mulutmu yang mungil jagalah
Jangan sampai bicara yang salah
Karena Tuhan Yang Esa telah menciptakannya
Mulutmu yang mungil jagalah
Tanganmu yang mungil jagalah
Jangan sampai ke tempat yang salah
Karena Tuhan Yang Esa telah menciptakannya
Kakimu yang mungil jagalah

Materi yang Masuk dalam Pembiasaan
1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudahmakan.

3. Alat dan Bahan
1. Alat dan bahan sangat terkait dengan kegiatan yang akan dikelola guru pada hari itu.
2. Kegiatan diambil dari beberapa rencana kegiatan yang ada di RPPM.
3. Kegiatan yang ditetapkan tergantung pada pengelolaan model pendekatan yang digunakan di satuan PAUD tersebut.
4. Alat dan bahan ditata untuk menarik minat belajar anak.

Contoh alat dan bahan untuk subtema tubuhku
1. Kegiatan membuat bingkai foto diri membutuhkan: lidi/irisan bambu/stik es krim, kertas, lem, kertas warna warni (merah, biru, kuning).
2. Kegiatan membuat boneka foto diri dari tanah liat membutuhkan: kertas koran untuk alas, tanah liat, dan celemek untuk menutup baju anak.
3. Kegiatan membuat membutuhkan shuttlecock bekas, kertas warna warni, lem, dan asesoris mata.
4. Kegiatan menggunting dan menempel (kolase) gambar anggota tubuh membutuhkan pola anggota tubuh, lem, potongan gambar anggota tubuh untuk menempel, dan gunting.

4. Kegiatan Pembukaan
1. Kegiatan pembukaan ditujukan untuk membantu membangun minat anak agar anak siap bermain di kegiatan inti.
2. Kegiatan pembukaan penting untuk mengenalkan materi pembelajaran.
3. Kegiatan pembukaan dimanfaatkan guru untuk mengenalkan kegiatan bermain yang sudah disiapkan, aturan bermain, menerapkan pembiasaan-pembiasaan, dan sebagainya.

Contoh Kegiatan Pembukaan di RPPH untuk subtema tubuhku
1. Bernyanyi “ Aku Ciptaan Tuhan”
2. Doa sebelum belajar
3. Membacakan buku cerita
4. Mengenalkan aturan bermain
5. Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawat tubuh. Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terima kasih terhadap Tuhan atas tubuhnya

5. Kegiatan Inti
1. Proses belajar menerapkan pendekatan saintifik, yakni anak mengamati sesuai dengan tema yang dibahas, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan.
2. Proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik diterapkan secara lebih fleksibel dan lebih luas. Artinya bisa diterapkan di dalam ruangan, di luar ruangan, menggunakan sumber belajar yang ada, atau memanfaatkan sumber belajar lingkungan.
3. Kegiatan Inti memberi kesempatan anak untuk bereksplorasi membangun pengalaman bermain yang bermakna.
4. Pada tahap mengomunikasikan ditekankan pada anak menyampaikan gagasannya melalui berbagai kegiatan bermain yang disiapkan.
5. Kegiatan bermain disesuaikan dengan model pembelajaran sentra/area/sudut/ kelompok dengan kegiatan pengaman.
6. Jumlah kegiatan yang disediakan setiap harinya minimal 4 kegiatan yang berbeda untuk memfasilitasi anak agar tetap fokus bermain. Pada kegiatan tertentu misalnya memasak, main peran/drama, atau pengenalan sains guru dapat menyediakan 1 kegiatan saja.
7. Penguatan mengingat (recalling) merupakan bagian dari kegiatan maindi Inti. Recalling untuk menguatkan kembali pengalaman bermain dan konsep yang dipelajari anak 

Contoh Kegiatan Inti untuk RPPH subtema tubuhku Model Sentra Seni
1. Anak diajak untuk mengamati alat dan bahan yang disediakan
2. Anak diberi kesempatan untuk bertanya tentang konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
3. Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang pernah ditemukan anak di dalam kehidupan sehari-hari
4. Anak melakukan kegiatan sesuai yang diminati dan gagasannya:
    a. Kegiatan 1: Membuat bingkai foto diri dari lidi.
    b. Kegiatan 2: Membuat boneka foto diri dari tanah liat.
    c. Kegiatan 3: Membuat boneka diri dari shuttlecock.
    d. Kegiatan 4: Membuat kolase (menggunting dan menempel) anggota diri.
5. Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya.

Selama proses pembelajaran, guru dapat menggunakan berbagai metode untuk saling melengkapi. Metode tersebut untuk mendukung pendekatan saintifik. Beberapa metode pembelajaran yang dianggap sesuai untuk PAUD,antara lain adalah sebagai berikut.

1. Bercerita adalah cara bertutur dan menyampaikan cerita secara lisan. Cerita harus diberikan secara
menarik. Anak diberi kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan. Pendidik dapat menggunakan buku sebagai alat bantu bercerita.
2. Demonstrasi digunakan untuk menunjukkan atau memeragakan cara untuk membuat atau melakukan sesuatu.
3. Bercakap-cakap dapat dilakukan dalam bentuk tanya jawab antara anak dengan pendidik atau antara anak dengan anak yang lain.
4. Pemberian tugas dilakukan oleh pendidik untuk memberi pengalaman yang nyata kepada anak, baik secara individu maupun secara berkelompok.
5. Sosiodrama/bermain peran dilakukan untuk mengembangkan daya khayal/imajinasi, kemampuan berekspresi dan kreativitas anak terhadap tokoh-tokoh yang diperankan atau benda-benda yang ada di sekitar.
6. Karyawisata adalah kunjungan secara langsung ke objek-objek yang sesuai dengan tema dan bahan kegiatan yang sedang dibahas di lingkungan kehidupan anak.
7. Projek merupakan suatu tugas yang terdiri atas rangkaian kegiatan yang diberikan oleh pendidik kepada anak, baik secara individu maupun secara berkelompok dengan menggunakan objek alam sekitar dan kegiatan sehari-hari sebagai bahan pembahasan.
8. Eksperimen merupakan pemberian pengalaman kepada anak dengan melakukan percobaan secara langsung dan mengamati hasilnya.

6. Kegiatan Penutup
1. Kegiatan penutup dilakukan di akhir kegiatan hari tersebut.
2. Kegiatan penutup berupa transisi dari sekolah ke rumah. Diisi dengan berbagai kegiatan yang membuat anak rileks.
3. Di kegiatan penutup dapat mengulang kembali apa yang dilakukan pada saat kegiatan pembukaan.
4. Kegiatan penutup juga dapat diisi dengan kegiatan rutin untuk memperkuat sikap yang diharapkan.
5. Kegiatan penutup dilakukan untuk menarik minat anak belajar esok harinya.

Contoh Kegiatan Penutup untuk RPPH subtema tubuhku
1. Menanyakan perasaan anak selama hari ini
2. Bernyanyi “ Aku Ciptaan Tuhan”
3. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
4. Memberikan tugas kepada anak untuk dilakukan di rumah, yakni menanyakan kepada orang tuanya tentang tempat lahir, tanggal lahir, siapa yang menolong kelahiran, dst.
5. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
6. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
7. Berdoa setelah belajar

7. Rencana Penilaian
Rencana Penilaian memuat indikator perkembangan dan teknik pengumpulan data yang akan digunakan.
1. Indikator perkembangan mengacu pada indikator yang tertuang pada lampiran Permendikbud Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD dan dapat diperkaya oleh satuan Satuan PAUD sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan kekhasan lembaga.
2. Indikator penilaian disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran.
3. Indikator penilaian sudah dikelompokkan ke dalam program pengembangan untuk memudahkan dalam penyusunan laporan.
4. Format rencana penilaian tidak bersifat baku. Contoh rencana penilaian dapat dipelajari pada contoh RPPH berikut ini.

Contoh RPPH PAUD Tema Diri Sendiri (Tubuhku)

Model Sentra Seni

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) PAUD Nusa Indah

Semester / Bulan/Minggu ke: 1/Juli/2
Hari / Tanggal: Senin /14 Juli 2015
Kelompok / Usia: B/5 – 6 Tahun
Tema / Subtema: Diriku/Tubuhku

Materi dalam kegiatan:
1. Doa sebelum dan sesudah belajar
2. Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, dan cara merawatnya,
3. Pengelompokan berdasarkan warna (merah, biru, kuning)
4. (Catatan: materi pengelompokan berdasarkan bentuk dan jumlah bilangan disampaikan pada hari berikutnya)
5. Lagu “ Aku Ciptaan Tuhan”

Materi yang masuk dalam pembiasaan
1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

Alat dan Bahan
1. Lidi/irisan bambu/stik es krim, kertas, lem, kertas warna-warni untuk kegiatan membuat bingkai foto diri warna merah, biru, kuning.
2. Kertas Koran untuk alas, tanah liat, celemek untuk menutup baju anak untuk kegiatan membuat boneka foto diri dari tanah liat.
3. Shuttlecock (Kok bulu tangkis) bekas, kertas warna warni, lem, asesoris mata untuk kegiatan membuat boneka diri.
4. Gambar anggota tubuh, lem, kertas/kain fl anel,gunting, potongan anggota.
(gambar dan lagu beserta not angka dicantumkan dalam RPPH bila memungkinkan)

Pembukaan
1. Bernyanyi “Aku Ciptaan Tuhan”.
Aku Ciptaan Tuhan
Penggubah: NN
1 1 4 4 4 4 4 3 4 5
Ma ta mu yang mu ngil ja ga lah
1 1 5 5 5 5 5 4 5 6
Ja ngan sam pai me li hat yang sa lah
6 6 6# 6# 6# 6 2 6# 6# 6 6 6 5 4
Ka re na Tu han yang Esa te lah men cip ta kan nya
6 6 5 5 5 4 3 2 3 4
Ma ta mu yang mu ngil ja ga lah
2. Doa sebelum belajar.
3. Mengenalkan aturan bermain.
4. Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawat tubuh Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terima kasih terhadap Tuhan atas tubuhnya.
5. Berdiskusi tentang pengelompokan warna (merah, biru, kuning).

Kegiatan Inti
1. Guru mengajak anak mengamati alat dan bahan yang disediakan.
2. Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
3. Guru menanyakan kepada anak dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut.
4. Guru mempersilakan anak mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
5. Anak melakukan kegiatan sesuai dengan yang diminati dan gagasannya.
     a. Kegiatan 1: Membuat bingkai foto diri dari lidi.
     b. Kegiatan 2: Membuat boneka foto diri dari tanah liat.
     c. Kegiatan 3: Membuat boneka diri dari shuttlecock.
     d. Kegiatan 4: Membuat kolase (menggunting dan menempel) anggota diri.
6. Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
7. Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di kegiatan mainnya.

Kegiatan Penutup
1. Menanyakan perasaan selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai, dll.
3. Menanyakan perasaan selama hari ini
4. Memberikan tugas kepada anak untuk dilakukan di rumah yakni menanyakan kepada orang tuanya tentang tempat lahir, tanggal lahir, siapa yang menolong kelahiran, dst.
5. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
6. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
7. Berdoa setelah belajar.

Rencana Penilaian
1. Indikator Penilaian:
2. Teknik penilaian yang akan digunakan:
- Catatan hasil karya
- Catatan anekdotal, dan
- Skala capaian perkembangan (rating scale)

Berikut ini contoh RPPH PAUD yang bisa Anda download untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat RPPH PAUD yang sesuai dengan kondisi TK/PAUD Bunda.

Contoh RPPH PAUD Kurikulum 2013

Contoh RPPH PAUD Tema Diriku atau Diri Sendiri Subtema Identitas
Contoh RPPH PAUD Tema Diriku atau Diri Sendiri Subtema Wajahku
Contoh RPPH PAUD Tema Diriku atau Diri Sendiri Subtema Anggota Tubuhku
Contoh RPPH PAUD Tema Diriku atau Diri Sendiri Subtema Kesukaanku
Contoh RPPH PAUD Tema Keluarga Subtema Anggota Keluarga
Contoh RPPH PAUD Tema Keluarga Subtema Kebiasaan dalam Keluarga
Contoh RPPH PAUD Tema Keluarga Subtema Makanan dan Pakaian
Contoh RPPH PAUD Tema Keluarga Subtema Rumahku
Contoh RPPH PAUD Model Kelompok Kurikulum 2013

RPPH PAUD TEMA DIRIKU SUBTEMA IDENTITAS - MINGGU 1.docx
RPPH PAUD TEMA DIRIKU SUBTEMA WAJAHKU - MINGGU 2.docx
RPPH PAUD TEMA DIRIKU SUBTEMA ANGGOTA TUBUHKU - MINGGU 3.docx
RPPH PAUD TEMA DIRIKU SUBTEMA KESUKAANKU - MINGGU 4.docx
RPPH PAUD TEMA KELUARGA SUBTEMA ANGGOTA KELUARGA - MINGGU 5.docx
RPPH PAUD TEMA KELUARGA SUBTEMA KEBIASAAN - MINGGU 6.docx
RPPH PAUD TEMA KELUARGAKU SUBTEMA MAKANAN - MINGGU 7.docx
RPPH PAUD TEMA KELUARGAKU SUBTEMA RUMAHKU - MINGGU 8.docx
RPPH PAUD MODEL KELOMPOK KURIKULUM 2013 TEMA DIRIKU.docx
RPPH PAUD TEMA DIRI SENDIRI KURIKULUM 2013.docx

  1. terima kasih banyak atas sharingnya. ijin download RPPH PAUD nya Bunda..

    ReplyDelete
  2. Sebelumya saya mau tanya. apakah penggunaan RPPH PAUD ini sama untuk tahun ajaran berikutnya? Msalnya tahun ajaran yang akan datang adalah 2017/2018

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah...terimakasih banyak bunda atas file RPPH PAUDnya, sangat berguna bagi saya yang masih baru sebagai guru TK. kalau bisa..mohon di upload juga RPPH utk kelompok B jg bunda

    ReplyDelete